5 Tips dasar Cara Membedakan Oli Asli dan Palsu | BantenOne

5 Tips dasar Cara Membedakan Oli Asli dan Palsu

5 Tips dasar Cara Membedakan Oli Asli dan Palsu I bantenone

BantenOne.com – MASIH sama dengan beberapa produk yang lain selain ada yang asli pastinya ada yang palsu ternyata untuk masalah oli kendaraan pun di pasaran ini dipastikan ada produk oli atau pelumas asli dan ada juga oli maupun pelumas aspal alias asli tapi palsu. Oleh karena itu, supaya Anda tidak tertipu dengan oli palsu pada title kali ini kami akan membahas secara lengkap apa saja cara untuk membedakan oli atau pelumas asli dan palsu.

Dari berbagai sumber yang kami himpun sedikitnya ada 5tips cara membedakan oli asli dan Oli palsu yang bisa anda lakukan sendiri di rumah, karena tidak bisa dipungkiri apabila pemalsuan terhadap oli atau pelumas saat ini sudah sangat mengkhawatirkan terutama bagi beberapa merek yang Laris Manis di pasaran biasanya akan menjadi korban pemalsuan oleh sejumlah orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk membedakan antara oli palsu dan ori asli ternyata tidak begitu susah karena anda hanya tinggal teliti saja untuk membedakan mana asli dan mana oli yang palsu. Supaya tidak pernah saran, silahkan anda membaca artikel kami berikut ini:

5 Tips Cara Membedakan Oli Asli dan Palsu

Memperhatikan kemasan

Cara pertama supaya Anda mengetahui apakah oli yang Anda beli asli atau palsu yaitu melihat dan memperhatikan dari kemasan oli tersebut, biasanya untuk oli palsu akan menggunakan kemasan seperti botol daur ulang atau botol bekas dan akan terlihat penampilan fisik dari kemasan tersebut sangat berbeda dengan oli asli yang baru dari pabrik.

Apabila anda sudah mengetahui oli yang Anda beli adalah palsu Maka jangan sampai diterima karena cirinya akan sangat terlihat seperti kusam kotor maupun banyak goresan.

Selanjutnya Anda bisa melakukan pemeriksaan terhadap stiker yang ada di kemasan Apakah menggunakan cetakan yang bagus atau tidak dan anda bisa melihat dari resolusi dan desain apakah mencurigakan atau tidak karena biasanya oli palsu akan menggunakan cetakan dengan kualitas yang sangat jelek dan pastinya oli yang ada di dalam sangat jelek juga.

Melihat kode atau ciri khas dari pabrikan

Biasanya pabrikan oli akan menggunakan beberapa kode atau ciri khas yang sangat sulit untuk ditiru oleh para pemasok oli Misalnya saja beberapa pabrikan oli akan mendapatkan digit kode angka tepat di tutup botol dan juga leher botol yang akan membentuk seperti seal.

Anda bisa memperhatikan kode tersebut yaitu pada daerah tutup botol dan juga leher supaya bisa menghindari pemalsuan oli.

Melihat warna oli

Umumnya untuk oli asli akan terlihat lebih jernih dengan warna kemasan dan untuk oli palsu terlihat lebih keruh dan warnanya terlihat gelap dan Oli asli tidak mempunyai bau walaupun sebagian menyatakan bahwa Medan untuk oli palsu sangat bau dan tidak sedap.

Mengenali cairan oli

Selanjutnya cara yang sangat mudah untuk membedakan mana oli asli dan palsu Anda bisa melakukan pengecekan pada cairan oli nya sendiri secara langsung dengan menggunakan jari tangan, silakan ada celupkan jari telunjuk pada cairan oli lalu digesekan menggunakan ibu jari biasanya untuk oli palsu tingkat kelicinan akan berkurang dan cepat mengering dan sebaliknya untuk oli asli tetap licin walaupun warnanya lebih bening dan juga tidak cepat kering.

Oli palsu cepat menguap

Salah satu hal yang bisa membedakan mana oli palsu dan asli ternyata untuk oli palsu hampir kebanyakan lebih cepat menguap saat digunakan sehingga ketika oli cepat berkurang sementara mesin kendaraan tidak ada masalah maupun kebocoran bisa saja oli yang digunakan adalah oli palsu.

Supaya lebih jelasnya supaya Anda tidak tertipu dengan oli palsu maka dianjurkan untuk mengganti oli di bengkel resmi sesuai dengan merek kendaraan yang anda miliki.

( Red )*