Dinsos Pemkab Bandung Salurkan Bantuan 9 Ton Beras | BantenOne

Dinsos Pemkab Bandung Salurkan Bantuan 9 Ton Beras

Dinsos Pemkab Bandung Salurkan Bantuan 9 Ton Beras

BantenOne.com, Bandung- Kepala Dinas Kabupaten Bandung Barat Heri Partomo Minggu (31/3/2019) menyampaikan. Tahun ini masih tersedia sejumlah 9 ton beras untuk memenuhi kebutuhan logistik bagi para korban bencana alam diwilayah Kabupaten Bandung Barat. Menurut rencananya logistik tersebut akan disalurkan untuk para korban bencana alam yang berada di pengungsian.

Logistik berupa beras masih tersimpan di Dinas Sosial dan belum terpakai. Selain itu kata Heri pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk segera menyalurkan logistik. Selain beras ada juga logistik seperti selimut, pakaian, makanan dan minuman.

Selama sepekan belakangan ini wilayah Kabupaten Bandung Barat terus diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Disertai angin puting beliung yang melanda ke beberapa kampung di wilayah Kecamatan Cipongkor pada Jum’at pekan silam. Akibatnya, sejumlah rumah warga rusak dan ratusan pohon tumbang menutupi akases jalan.

Beberapa kampung yang diterjang angin puting beliung diantaranya, Kampung Curug, Kampung Sasak, Kampung Nyalindung, Desa Mekarsari, Kampung Pamoyanan dan Desa Citalem Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat. Sejumlah 20 rumah rusak, satu diantaranya rusak parah.

Menurut Heri Partomo, untuk melakukan penanganan pascabencana Dinas Sosial mempunyai relawan yang tergabung pada “Kampung Siaga Bencana” yang di bentuk oleh Kementrian Sosial yang berada di Kecamatan Cisarua dan Kecamatan Cililin.

“Kapung Siaga Bencana beranggotakan dari elemen masyarakat bertugas melakukan penanganan paskabencana seperti mendirikan tenda – tenda darurat dan menyalurkan logistik. Para anggota dilatih berbagai teknik dalam melakukan penanganan para korban, dan dilatih cara mengevakuasi korban”pungkas Heri. ( M. Yadi).

[template id=”257”]