0 views
Profil  

Bandung Barat Segera Membangun Stadion Setara Internasional

Bandung Barat Segera Membangun Stadion Setara Internasional

BantenOne.com,Bandung- Kabupaten Bandung Barat terpilih menjadi tuan rumah Pekan Olah Raga Daerah Jawa Barat (Porda) ke XIV tahun 2022. Sebagai tuan rumah maka Pemkab Bandung Barat segera membangun berbagai fasilitas sarana dan orasarana olah raga dan stadion yang diperkirakan menghabiskan biaya sebesar Rp. 250 milyar.

Persiapan pembangunan stadion baru itu dengan biaya yang cukup pantastik, menurut rencananya pembangunan tersebut dimulai awal tahun 2020. Dengan menggunakan sistem multy year atau tahun jamak. Sebagai tuan rumah tentu saja harus mampu memberikan kenyaman dan keamanan terutama bagi para atlit.

Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Bandung Barat Ade Sudiana didampingi Kabid Olah Raga Dadang Robani Senin (1/4/2019) di Ngamprah kepada wartawan mengatakan. Tahap awak pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan anggaran sebesar Rp. 60 milyar. Hal ini diputuskan dalam rapat Pra – Musrembang di Cirebon pada Selasa (26/3/2019) bulan lalu.

“tahun ini rencananya pertama menyusun fisibility study atau studi kelayakan, kemudian pada awal tahun 2020 melangkah ke Detail Enginnering Desigen (DED). Jika adanya kekurangan biaya maka kami ajukan ke pemerintah pusat, adapun prihal pelaksanaan pembangunan stadion In syaa Allah dapat diselesaikan selama 3 tahun ” ujar Ade.

Berdasarkan sember yang diperoleh BantenOne.com, dalam perencanaan pembangunan Stadion di Kabupten Bandung Barat akan jauh lebih megah se Bandung Raya termasuk Stadion Si Jalak Harupat milik Kabupaten Bandung. Sebelumnya Pemkab Bandung Barat sudah merencanakan membangun stadion lebih bagus dubandingkan stadion yang sudah ada di Bandung Jawa Barat.

Stadion yang akan dibangun diatas lahan seluas 30 sampai 40bhektare di kawasan Cipatat setara Internasional. Rencana pembangunan stadion itu sudah mendapat restu dari Kemenpora bahkan pemerintah pusat akan menggelontorkan dana sejumlah Rp. 150 milyar untuk membatu pelaksanaan pembangunan stadion tersebut.

Pekan Olah Raga Daerah (Porda) Jawa Barat ke XIV tahun 2022, selain Kabupaten Bandung Barat sebagai tuan rumah juga Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Subang. Akan tetapi Kabupaten Bandung Barat mendapat prioritas sebagai pembukaan penyelenggaraan Porda Jawa Barat.

Bupati Kabupaten Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengku bahwa rencana pembangunan stadion di kawasan Cipatat setara International. Dan mendapatkan suntikan dana dari pusat sebesar Rp. 150 milyar untuk mewujudkan rencana pembangunan stadion Cipatat. (M. Yadi)

[template id=”257″]