Rapat Koordinasi dan Musyawarah Pembentukan Kampung Berkualitas ( KB ) Kelurahan Kunciran Indah | BantenOne

Rapat Koordinasi dan Musyawarah Pembentukan Kampung Berkualitas ( KB ) Kelurahan Kunciran Indah

BantenOne | Kota Tangerang,- Kampung Keluarga Berkualitas (KB) dihadirkan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kelurahan dalam rangka mewujudkan keluarga yang berkualitas. Sejak dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 14 Januari 2016, kampung keluarga berkualitas ( KB ) dapat bertumbuh pesat hingga menghasilkan ratusan kampung keluarga berkualitas di seluruh nusantara.

Kampung Keluarga Berkualitas ( KB ) adalah satuan wilayah setingkat kelurahan dimana terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat serta aspek pembangunan lainnya.

Yudi Hendra Permana Lurah Kunciran Indah mengatakan untuk mewujudkan program kampung keluarga berkualitas ( KB ) di perlukan kesadaran dan komitmen bersama lingkup lintas sektoral dan sosialisasi kampung keluarga berkualitas menjadi langkah penting dalam mengenalkan program ini kepada masyarakat.

Ia pun menambahkan dengan adanya agenda program ini dapat mampu mengoptimalkan gerakan bersama secara terintegrasi dan konvergen dalam penyelenggaraan program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat bahkan seluruh elemen masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam mendukung program ini.

” Melalui rapat koordinasi, musyawarah dan sosialisasi kampung keluarga berkualitas ini masyarakat dapat memahami tujuan, manfaat, dan program-program yang dilaksanakan di kampung keluarga berkualitas, oleh karena itu di butuhkan peran aktif dari semua elemen masyarakat supaya kampung keluarga berkualitas Kelurahan Kunciran Indah dapat berjalan lancar dan sukses,” ucap Yudi Hendra Permana, Selasa ( 14/05/2024 ), di Kediaman Bapak Hasan Basri RW 11, Kelurahan Kunciran Indah, Kecamatan Pinang Kota Tangerang.

” Membangun kesadaran dan komitmen itu sangat penting, karena segala aspek proses dan konsep kampung keluarga berkualitas ( KB ) di wilayah Kelurahan Kunciran Indah ini bersumber dari kita, oleh kita, dan untuk kita. Mari lah kita terus komitmen dan berkontribusi setiap apa yang akan kita lakukan, hal ini demi terwujudnya sebuah kemajuan dan kemaslahatan maupun kesejahteraan kita bersama khususnya di wilayah Kelurahan Kunciran Indah,” tambahnya.

Lebih lanjut, pihak Kelurahan Kunciran Indah mengucapkan Terima kasih kepada Dinas DP3AP2KB Kota Tangerang, Staff Kelurahan Kunciran Indah RT/RW se – Kelurahan Kunciran Indah, Kader PKK, Kader Posyandu, Kader KWT, Karang Taruna, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda yang sudah hadir dan mendukung program kampung keluarga berkualitas Kelurahan Kunciran Indah.

” Kami pihak Kelurahan Kunciran Indah mengucapkan terima kasih dan semoga program ini bisa berkesinambungan dan apa yang menjadi harapan kita bersama dapat terwujud dengan baik,” pungkas Yudi Hendra Permana Lurah Kunciran Indah.

Sebagai informasi, adapun Materi rapat koordinasi dan sosialisasi Kampung KB antara lainnya pengertian Kampung KB, tujuan Kampung KB, manfaat Kampung KB, Program-program Kampung KB, peran dan tanggung jawab masyarakat dalam mendukung Kampung KB.

Tujuan dan Strategi Kampung KB mencakup, mendekatkan pelayanan bangga kencana, penguatan 8 fungsi keluarga, partisipasi aktif masyarakat, pembangunan terintegrasi lintas sektoral, meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat, kriteria pembentukan, intervensi mitra kerja, Pokja Kampung KB dan tugas serta fungsi masing-masing seksi dan Rumah Data Ku.

Haryo