Puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28 di Kota Tangerang, Pemkot Dorong Produktivitas Lansia | BantenOne

Puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28 di Kota Tangerang, Pemkot Dorong Produktivitas Lansia

BantenOne | Kota Tangerang,- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang baru saja menyelenggarakan Puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28 di Kota Tangerang. Dibuka secara langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Dr. Nurdin, peringatan tersebut diikuti secara langsung oleh 250 lansia secara antusias.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Mugiya Wardhani menuturkan, Pemkot Tangerang selama ini rutin menyelenggarakan peringatan HLUN setiap tahunnya.

Bertajuk “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat,” peringatan tersebut diselenggarakan untuk mewujudkan lansia yang sehat, bahagia, aktif, dan produktif untuk masyarakat.

“Agenda ini merupakan rangkaian puncak spesial Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang diselenggarakan secara khusus untuk mengoptimalisasi program lansia sekaligus momentum untuk mengapresiasi para kader posyandu yang selama ini telah mendedikasikan diri dalam proses pemberdayaan lansia di Kota Tangerang,” ujar Mugiya di Plaza Puspem Kota Tangerang, Rabu (12/6/24).

Tidak hanya itu, peringatan tersebut juga diselenggarakan dengan beragam kegiatan yang mendorong stimulus produktivitas aktivitas para lansia di Kota Tangerang, seperti seminar, lomba cerdas cermat, fun games, sampai pemberian penghargaan secara khusus untuk penanggung jawab program lansia terbaik, lansia SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, dan Produktif), serta rumah sakit dengan pengelolaan layanan lansia terbaik di Kota Tangerang.

“Peringatan ini sangat penting untuk mengapresiasi kontribusi lansia selama ini, serta memotivasi para lansia untuk terus aktif beraktivitas secara positif di lingkungan terdekat masing-masing,” ujar Ayu Dyah Pasha yang menjadi narasumber dalam peringatan Puncak HLUN Kota Tangerang 2024.

Selain itu, peringatan tersebut diharapkan mampu mendorong peningkatan pelayanan dan pemberdayaan lansia di Kota Tangerang secara lebih maksimal.

“Kami juga berharap peringatan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan serta partisipasi lansia agar tetap aktif dan produktif,” pungkasnya.

Haryo