Meningkatkan Mutu dan Kualitas Lembaga PKBM Kota Tangerang | BantenOne
Profil  

Meningkatkan Mutu dan Kualitas Lembaga PKBM Kota Tangerang

Bogor

BantenOne.com – PKBM ( Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) merupakan organisasi Sosial yang bergerak di bidang Pendidikan Nonformal. PKBM adalah prakarsa masyarakat yang di dirikan dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat, yang merupakan Institusi yang Berbasis Masyarakat ( Community Based Institution )

Dalam Undang undang No 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasiaonal, menjadi tanggung jawab semua pihak baik pemeritah pusat, pemerintah Provinsi, pemerintah Kota / Kabupaten dan masyarakat luas untuk mengembangkan PKBM dalam rangka mensukseskan tujuan Pendidikan Nasional. Khususnya upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat dalam artian luas melalui pendidikan non formal.

Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK- PKBM) Kota Tangerang yang di Nakhodai oleh Salman Al Faris beserta jajaran kabinetnya berkumpul untuk melaksanakan Rapat kerja. Jumat dan sabtu (07-08 pebruari 2020 ) di Cisarua Bogor.

Hadir dalam kegiatan RAKER (Rapat Kerja) tersebut Lembaga Pendidikan yang berada di Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang sebanyak 29 lembaga PKBM di Kota Tangerang dari masing masing utusan.

Ketua DPW FK-PKBM Provinsi Banten H. Sukebi Mufea SH.M.H. terlihat hadir dalam acara tersebut sebagai pembicara. Juga Kabid PAUD PNF Dinas Pendidikan Kota Tangerang Drs.H. Muhammad Adli , Wildan Fikri S.Sos dan Hadiri S.Kom. M.Si.

Acara secara resmi di buka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Hj. Masyati Yulia SH.M.AP.

Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang mengatakan ” Semoga PKBM kota tangerang terus dapat meningkatkan kompetensinya terkait dengan pengelolaan maupun tenaga Pendidikannya, serta lebih mampu mengusai teknologi Modern“. Ujar Hj. Masyati Yulia SH. M.AP.

PBKM adalah pusat interaksi sosial pendidikan dan untuk semua masyarakat yang sedikit terabaikan dalam bidang kegiatan pembelajaran.

“Beban berat yang diemban oleh kepengurusan kali ini adalah menterjemahkan kegiatan PKBM yang terbagi dalam tiga bidang yang selama ini agak terabaikan, yaitu Bidang kegiatan pembelajaran ( Learning Activites), Bidang Usaha Ekonomi Produktif (Business Activities) dan Bidang Pengembangan Masyarakat ( Community Development Activities), serta mendorong kemandirian dalam soal dana operasional PKBM. Artinya, sudah waktunya PKBM mempunyai unit usaha produktif sendiri dan mandiri untuk menghidupi Lembaga maupun memberdayakan masyarakat binaannya”
Ucap ketua DPD FK-PKBM kota tangerang Salman Al Faris.

Lanjut Salman “BKPM Hendaknya membuka diri untuk bekerjasama dengan berbagai instansi dan kementrian guna melaksanakan program program kemasyarakatan ( Corporate Social Rensponsible) sehingga nantinya PKBM sebagai pusat interaksi sosial dan pendidikan untuk semua, dan masyarakat sebagai subyek kegiatan.

Semoga kepengurusan FK-PKBM kota Tangerang mendapat kepercayaan penuh dari seluruh anggota dan membuat prestasi yang membanggakan demi kemaslahatan warga binaan dan dengan usaha kerja keras kita wujudkan cita cita bersama sesuai visi misi Organisasi“Pungkas Salman Al Faris.

(TS 17)