Kemenag Kota Tangerang Melaksanakan Penyuluhan Agama Menggunakan Medsos Saat Pandemi

  • Bagikan
banner 468x60

Kota Tangerang

BantenOne.com — Kementerian Agama Kota Tangerang melaksanakan Pembinaan kepada Penyuluh Agama Islam di Aula kemenag Jalan Perintis Kemerdekaan II Cikokol Tangerang RT 007, RT.007/RW.003, Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118 (2 Juli 2020)

Hadir dalam kegiatan ketua Penyuluh Agama Islam Salman Al-farisi, kepala Seksi bimas Islam H. Lili Mahfulli, M. Faiz Fayadl. MA, selaku Kepala Seksi Evaluasi Kinerja Penyuluh Agama Islam Kementerian Agama RI dan Azharul Fuad Mahfudh, S. Ag selaku praktisi media sosial dan Humas Kemenag Tangsel. Juga Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS Se Kota Tangerang

Tema yang di usung “Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Terhadap Dakwah Bagi Penyuluh Agama Islam”. Dalam upaya untuk terus melakukan tugas penyuluhan di masyarakat walaupun masih di dalam masa Pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan demi tercapainya penyuluhan kepada masyarakat khususnya di lokasi binaannya masing-masing.

Salman Al Faris, mengungkapkan dalam suasana Pandemi Covid-19 saat ini, tentunya segala aktivitas kegiatan kepenyuluhan dalam komunitas penyuluh yang biasa dilakukan menjadi terganggu karena Masjid dan Majelis Ta’lim yang menjadi binaan di wilayahnya, sementara tidak melaksanakan rutinitas ibadah dan pengajian”tutur Salman.

Dalam penggunaan media sosial dan penyuluhan dipaparkan juga oleh Lili Mahfulli “Salah satu inovasi kegiatan kepenyuluhan yang kami lakukan di masa Pandemi Covid-19 ini ialah memanfaatkan penggunaan media sosial. Biasanya salah satu rutinitas dalam tugas kepenyuluhan adalah berkumpulnya jama’ah dalam jumlah yang banyak dalam suasana Pandemi Covid-19 ini mengumpulkan orang dalam jumlah harus di hindari walaupun tetap memakai protokol kesehatan” paparnya

Lanjutnya, alasan inilah, kami mengambil inisiatif untuk melakukan pembinaan kepada penyuluh agama agar tetap melaksanakan tugas kepenyuluhan dengan memakai media sosial dan media lainnya. Media ini bisa di share melalui WA ke grup kelompok kelompok binaan di lapangan setidaknya audien bisa membaca dari pesan materi-materi yang di sampaikan melalui media tersebut. Hal ini di samping memakai aplikasi Zoom meeting dan media lainnya.

Sementara Ketua Pokjaluh Kota Tangerang mengatakan sekarang ini lebih fokus pada media sosial untuk di jadikan sarana untuk menjembatani sampai nya pesan materi kepada jamaah sehingga peserta binaan bisa memahami materi yang di sampaikan dengan baik”Ujar Hj Mulyati S.Ag, dan

hal inipun di Aaminkan oleh Ketua Forum Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kota Tangerang, Syarif Hidayatullah. S.Ag

Sementara itu Kepala Kankemenag Kota Tangerang,dalam sambutannya menyampaikan sangat mengapresiasi inovasi yang di lakukan jajarannya tersebut

“Allhamdulillah di tengah Pandemi Covid-19 ini Penyuluh Agama Islam KotaTangerang masih tetap eksis dalam menyampaikan materi penyuluhan kepada masyarakat di binaannya masing-masing, walaupun tidak dengan tatap muka dan dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana dakwah yang efektif di masyarakat dan upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menghindari dan tidak mudah percaya dengan berita Hoax yang saat ini banyak beredar di masyarakat luas.

Untuk seluruh Penyuluh Agama Kota Tangerang mari kita terus ber inovasi dalam melakukan tugas kepenyuluhan di tengah-tengah masyarakat, dan Kita berharap mudah-mudahan Pandemi Covid-19 ini cepat berlalu dan aktivitas kita kembali normal seperti biasa” tukas H. Badri Hasun.

Acara Pembinaan Penyuluh Agama Kota Tangerang ditutup secara resmi oleh Kasubbag Tata Usaha Kementerian Kota Tangerang, Drs. H. Samsudin. MM.

(T17 /Salman)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.